Rabu, 04 Juni 2014

motifasi

Berkebun, mendaki gunung, dan menyelami dunia bawah laut adalah kegiatan outdoor yang sangat disukai Amelia Tjandra. Hobi tersebut membuatnya lepas dari kepenatan bekerja di bidang otomotif yang identik dengan dunia laki-laki.
Bekerja di bidang otomotif yang identik dengan dunia laki-laki diakui Amelia bukan perkara mudah. Terkadang, ia baru bisa tidur pukul tiga pagi setelah selesai segala urusan pekerjaan. Menghadapi pekerjaan yang menguras pikiran, Amelia punya hobi menarik sebagai pelepas penatnya. Dia menyukai wisata kuliner ketika akhir pekan. Tempat-tempat wisata kuliner di sekitar Jakarta sudah banyak yang disambanginya. Ia juga menyukai jajanan bakso dan tidak segan-segan menjajal makanan tersebut di mana pun berada.
Untuk membuat hidupnya seimbang, setiap tahun dia selalu merencanakan hal-hal baru yang menantang untuk dilakukan, seperti diving, hiking, dan berkebun. "Pada dasarnya saya menyukai kegiatan outdoor, seperti berkebun, saya suka ketika tangan saya kotor dengan tanah," ujar Amelia di Jakarta, pekan lalu.
Berkebun adalah salah satu pelepas stres untuk Amelia. Yang membuatnya makin senang adalah ketika hasil kebunnya juga dikonsumsi sendiri, meski hanya dalam porsi kecil.
Yang cukup ekstrem adalah kesukaannya mendaki gunung. Tahun lalu, Amelia berwisata ke Gunung Rocky, Amerika Utara. Ada banyak manfaat dari pengalaman naik gunung. Salah satunya adalah dia bertemu orang baru dan saling berbagi pengalaman dengan mereka yang sama-sama menanjak menuju puncak Rocky. “Selanjutnya, saya berencana menaiki Rinjani, yang terkenal keindahannya,” katanya.
Amelia memang termasuk orang yang senang mengagumi keindahan negeri sendiri. Daerah wisata di Indonesia yang menurutnya paling mengesankan adalah Pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur. Selain mendaki dan berkebun, Amelia juga senang kegiatan menyelam. Menyelam membuatnya bisa melihat keindahan biota laut. Jangan dikira ia awalnya tak takut menyelam. Ia juga menghadapi ketakutan yang sering kali dihadapi penyelam pemula.
"Butuh beberapa waktu untuk menghadapi ketakutan ketika menyelam, tapi kalau tidak begitu kita tidak akan bisa melihat keindahan bawah laut," ujar Amelia. Untuk hobinya yang satu ini dia mengagumi keindahan bawah laut di Wakatobi, Sulawesi Tenggara.
Terbaik
Dalam bekerja, Amelia memiliki prinsip, tim yang solid bukan tim yg membentuk superwoman atau superman. Seseorang selalu hanya bagian dari sebuah tim.
"Kita melakukan yang terbaik. Siapkan diri menjadi pribadi yang siap dilimpahkan rezeki. You're just enjoy your day dan jangan lupa untuk merencanakan masa depan," katanya.
Amelia menyadari bekerja di bidang usaha otomotif bukanlah perkara mudah. Biasanya bidang otomotif dikuasai oleh para lelaki. Meski porsi pekerja wanita sedikit, bukan berarti tidak bisa berkembang hingga memegang suatu jabatan yang strategis di perusahaan. Amelia Tjandra yang berhasil menembus dominasi pekerja laki-laki selama 23 tahun bekerja di Astra Daihatsu Motor (ADM), kini menjabat sebagai direktur pemasaran ADM. Bila ditotal, sudah 31 tahun dia bekerja di ADM. Wanita yg memiliki moto work hard play hard ini, sudah bergelut di dunia kerja sejak di bangku kuliah. Pekerjaan paruh waktu dilakukan sejak ia duduk di semester lima.
Sebelum di bagian pemasaran, dia ditempatkan di bagian sparepart yang indentik dengan laki-laki. Di bagian ini merupakan tantangan bagi dia untuk berpikir rasional, tidak mencampuradukkan perasaan dengan logika. Dia memegang prinsip bahwa setiap orang adalah pribadi yang unik, oleh karena itu haruslah diterima, dan bukan untuk diubah.
"Maka kekuatan individu harus bisa mengisi yang lainnya hingga bisa menjadi kekuatan tim," ujar Amelia yang terinspirasi untuk selalu berpikir positif lewat buku Little House on The Praire yang dia baca sewaktu kecil
"Tokoh Ma dan Pa di sana adalah tokoh ideal yang dalam hidupnya penuh masalah, dan belajar dari setiap masalah," ujar Amel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar